Daftar Tools Yang Sering Dipakai Oleh Digital Marketing

Berita Terbaru – Seorang digital marketing pasti akan selalu membutuhkan alat untuk membantu mengetahui dan menentukan hasil dari strategi pemasaran yang sudah dibuat. Beberapa alat digunakan untuk mendukung aktivitas pemasaran dasar seperti pemasaran email, analisis kinerja kampanye, pembuatan formulir web, atau Customer Raltionship Management (CRM). Beberapa alat lain didesain dengan fitur yang lebih spesifik, seperti pelacak peringkat kata kunci, atau juga alat desain. Untuk membantu pemasaran bisnis Anda menjadi lebih unggul, kali ini kami akan membagikan rekomendasi alat digital marketing yang paling baik digunakan dalam menjalankan strategi pemasaran bisnis Anda.

  1. Ahrefs

Ahrefs merupakan alat SEO yang memiliki fitur yang cukup lengkap dan sangat memadai untuk membantu Anda meningkatkan trafik website. Alat ini memiliki database sekitar 150 juta kata kunci untuk pencarian di Amerika Serikat, dan di lebih dari 150 negara lainnya. Ahrefs memiliki keunggulan fitur analisis kompetitifnya. Alat ini dapat mendeteksi siapa yang menautkan ke situs web pesaing Anda.

Selain itu anda juga bisa mencari tahu halaman apa yang ditempati pesaing Anda di peringkat hasil pencarian teratas. Dan satu lagi yang menarik adalah memetakan topik dari konten pesaing dan mengidentifikasi kelemahan utama dalam keseluruhan konten Anda. Harga yang ditawarkan berjenjang. Mulai dari $ 99 hingga $ 399 per bulan. Meski harganya relatif tinggi, Ahref adalah salah satu alat paling populer dan bermanfaat dalam menjalankan SEO.

  1. Yoast

Alat selanjutnya adalah Yoast, salah satu plugin SEO terpopuler yang dapat digunakan di Gutenberg dan dan WordPress. Yoast memiliki kemampuan untuk mengurutkan landasan dari koleksi konten Anda. Selain itu, plugin ini juga dapat memberikan rekomendasi langkah-langkah yang harus diterapkan agar konten Anda lebih SEO-friendly berdasarkan fokus kata kunci yang Anda masukkan.

Alat ini juga dapat mengevaluasi tingkat keterbacaan halaman konten dan memberi mereka skor melalui Flesch Reading Ease. Alat digital marketing ini ditawarkan dalam versi gratis dan berbayar. Jika Anda ingin mendapatkan layanan premium, harga paket premium berbayar berkisar berdasarkan jumlah situs yang perlu dipantau. Yoast ini akan sangat bermanfaat untuk Anda yang menjalankan SEO On Page dan aktif dalam sebuah blog.

  1. Canva Busines

Canva Business adalah platform khusus desain dengan fitur seret dan lepas sehingga sangat ramah bagi pemula. Platform ini menyediakan berbagai macam fasilitas untuk membuat desain memakai gambar, ikon, pola, dan font khusus yang tersedia. Keunggulan lain Canva adalah pengguna dapat mendesain logo, gambar, grafik dan presentasi sesuai kebutuhan. Canva menawarkan paket gratis dan paket premium dengan harga $ 12,95/bulan. Untuk sebuah perusahaan yang memiliki kebutuhan khusus akan mendapatkan harga yang berbeda.

  1. Google Ads

Google Ads adalah alat yang harus Anda gunakan jika ingin menjalankan strategi SEM (Search Engine Marketing). Google Ads adalah salah satu platform paling populer untuk bisnis periklanan di hasil pencarian Google. Google Ads memiliki akses ke Google Keyword Planner, tempat Anda dapat melakukan penelitian kata kunci yang ingin Anda sertakan dalam iklan dan konten Anda. Pembayaran Google Adwords didasarkan pada setiap iklan yang diklik atau per tayangan.

  1. Google Analytics

Google Analytics bisa digunakan siapa saja alias gratis. Alat digital marketing ini telah menjadi standar untuk analisis situs web, itulah sebabnya Anda harus menggunakannya. Fitur analitik yang ditawarkan terbilang lengkap, sehingga dibutuhkan keahlian khusus untuk bisa menguasai alat ini dengan baik. Seberapa berguna alat ini bagi Anda akan bergantung pada seberapa dalam Anda memahami fitur yang disediakannya.

Pada tingkat dasar, Google Analytics dapat menunjukkan kepada penggunanya di mana dan siapa yang mengunjungi situs web, serta halaman konten mana yang paling banyak dikunjungi. Alat ini juga memiliki kemampuan untuk melacak beberapa konversi berdasarkan tujuan yang dibuat, membuat pengaturan e-niaga, dan mengetahui tingkat keterlibatan pengguna di situs web Anda. Menguasai Google Analytics membutuhkan banyak waktu, pengalaman, dan keterampilan teknis jika Anda ingin menganalisis banyak peristiwa dan metrik di situs web Anda.